NATIVE ASYNC

Minggu, 10 Maret 2019

, ,

Cara Packing Efisien untuk Perempuan, Ranselpun Cukup!

Niat hati bawa barang secukupnya, kalau bisa tidak perlu membawa koper. Tapi pada akhirnya barang bawaan seperti memindahkan isi lemari ke dalam koper. Bahkan sampai harus membawa lebih dari satu koper. Kamu sering mengalami masalah seperti ini? Saya punya cara packing efisien yang memungkinkan saya untuk traveling hanya dengan membawa backpack atau ransel.

Nah, untuk lebih lengkapnya bisa kamu simak seperti di bawah ini.


1. Pilah dan Bawa Secukupnya


pilih pakaian Unsplash/Cam Morin[/caption]

Tips pertama yang selalu saya terapkan untuk bisa memaksimalkan ruang ransel yang akan saya bawa adalah memilah barang bawaan.

Barang pertama yang harus dipilah tentunya pakaian. Siapa sih yang nggak mau tampil fashionable saat berfoto di destinasi impian? Saya rasa semua orang selalu memikirkan hal semacam ini ya. Apalagi perempuan. Fashionable is a must. Seolah sudah menjadi suatu kebutuhan.

Tapi, untuk tampil menarik kan nggak perlu bawa pakaian selemari. Bawa saja secukupnya, sekitar 4-5 potong misalnya. Kuncinya kamu harus pintar mix and match.

Kalau saya biasanya membagi pakaian dalam dua kategori, yaitu pakaian untuk tidur dan pakaian untuk jalan-jalan. Nah, pakaian yang dipakai saat jalan-jalan ini hanya berupa kaos atau atasan lainnya, jeans, dan hoodie atau sweater. Menurut saya pakaian casual semacam ini terkesan netral dipadupadankan. Apalagi jika warnanya juga netral, seperti putih atau hitam.

Karena saya penyuka warna pastel dan atasan saya biasanya bernuansa pastel, untuk menyiasatinya saya selalu membawa bawahan berwarna gelap. Jadi meskipun yang saya bawa hanya dua jeans, bisa bebas saya padukan dengan atasan warna apapun.

Selain itu, usahakan untuk mengurangi beban bawaan. Sebagai contoh, hanya bawa satu jaket yang langsung dipakai ketika berangkat traveling. Pertimbangkan juga untuk cukup membawa satu pasang sepatu dan langsung pakai, pilih yang bahannya nyaman.

2. Gulung Pakaian Agar Tetap Rapi


gulung pakaian Unsplash/ rawkkim[/caption]

Salah satu cara packing efisien yang mungkin sudah sering kamu dengar, gulung pakaian yang kamu bawa. Yes! Cara ini juga saya terapkan sendiri.

Digulung bukan hanya membantu menghemat ruang karena tidak memakan ruang di dalam ransel, tetapi juga membuat pakaian tetap dalam kondisi rapi atau tidak kusut.

Bagaimana kalau bahan pakaiannya sulit digulung? Biasanya saya memasukkan atasan dengan bahan yang cenderung tipis ke dalam pakaian lain yang bahannya lebih tebal, seperti hoodie. Ini akan membuat saya lebih mudah menggulung keduanya sekaligus.

3. Travel Size Toiletries dan Makeup


makeup packing Unsplash/Heybeauti[/caption]

Perlu nggak sih bawa toiletries dan makeup? Sejujurnya saya selalu membawa keduanya. Meskipun saya juga mendapatkannya dari penginapan, menurut saya masih kurang cukup. Apalagi kalau menginap sampai berhari-hari. Jadi, biasanya saya membawa sabun, sampo dan pasta gigi dalam wadah berukuran mini. Untuk sampo bisa juga disiasati dengan membawa kemasan sachet.

Kalau untuk makeup bawa saja yang sekiranya memang sangat diperlukan, tidak perlu sampai membawa semua makeup yang kamu punya. Biasanya saya hanya membawa skin care seperti toner, serum, pelembab dan sleeping mask. Kalau untuk makeup cukup dengan BB cream, pensil alis, eyeliner, dan lip tint. Semuanya dikemas dalam wadah travel size.

Beberapa brand menjual produknya dalam ukuran travel friendly, kamu bisa langsung membelinya saja kalau memang sesuai dengan produk yang biasa kamu gunakan. Tetapi kalau brand favorit kamu tidak menyediakan pilihan trave size, bisa disiasati dengan memindahkannya ke dalam wadah kecil. Sekarang banyak kok yang menjualnya, baik secara online maupun offline.

4. Pisahkan Barang dalam Pack Berbeda


cara packing efektif Pixabay/Pexels[/caption]

Sering belanja online? Pasti tahu kan kalau sekarang banyak yang menjual travel bag set? Ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat ruang ransel. Cara packing efisien semacam ini juga bisa membuat barang-barang bawaanmu lebih rapi dan tertata. Jadi, kamu juga lebih mudah menemukannya saat dibutuhkan.

Kalau saya menerapkan ini hanya untuk toiletries, makeup, dan barang elektronik (charger, earphone, dll). Bukan menggunakan travel bag, tetapi menggunakan pouch dan kotak pensil yang ukurannya tentu harus mini.

Spesial untuk toiletries, jangan lupa untuk menggunakan wet bag.

5. Bawa Barang Penting dan Darurat di Tas Berbeda

barang penting Pixabay/LUM3N[/caption]

Cara packing efisien yang terakhir dari saya adalah dengan memisahkan barang super penting dan darurat dalam tas berbeda. Yang saya maksud di sini adalah dompet beserta isinya, smarthone, passpor, e-money dan kamera.

Selain mengurangi beban yang ada di dalam ransel, ini juga memudahkan saya untuk mengambil barang-barang penting yang saya bawa. Akan sulit kan kalau saat berada di dalam transportasi umum kamu harus meraih e-money atau uang yang ada di dalam ransel. Apalagi bus atau angkutam umum yang dinaiki sedang padat-padatnya. Lama, ribet dan pastinya tidak aman.

Sementara untuk smartphone dan kamera sudah tentu harus mudah dijangkau karena ini senjata utamanya para traveler. Daripada terlanjur kehilangan momen hanya karena harus mengeluarkan kamera dari dalam ransel. Atau mungkin keburu tersesat karena malas mengambil smartphone yang tertimbun di dalam ransel.

Oh ya, saya biasanya memasukkan barang-barang penting dan darurat ini di dalam sling bag dan saya kalungkan di depan badan. Jadi, saya bisa mengawasinya sepanjang waktu.

Oke, semua cara packing efisien yang biasa saya terapkan sudah saya sebutkan di atas. Ada yang ingin kalian tambahkan? Langsung tuliskan di kolom komentar ya, nanti akan saya cantumkan untuk meng-update blog post ini.

2 komentar:

  1. Hello,

    Music Private FTP, Exclusive Promo Quality 320kbps, Scene Music.
    http://0daymusic.org/premium.php

    Regards,
    0DAY Music

    BalasHapus
  2. Yay google is my world beater aided me to find this great web site! .

    BalasHapus